SURGA TERSEMBUNYI DI BALIK DANAU LABUNAN CERMIN, DANAU AJAIB DENGAN DUA RASA

Indonesia merupakan sebuah Negara yang kaya akan budaya, adat dan pulaunya. Dari beberapa wisata yang ada di Indonesia, Kali ini saya akan membahas salah satu wisata yang terkenal di Kalimantan. Sebuah Danau yang tidak bisa di anggap remeh keindahannya.

Labunan cermin merupakan sebuah danau yang terletak di kecamatan biduk-biduk, kabupaten berau, Kalimantan timur. Sebuah danau tersembunyi dengan keindahan alamnya yang bikin kita makin bersyukur atas ciptaannya Tuhan yang maha kuasa. Terkenal dengan kejernihan airnya yang sangat bening seperti kaca, bahkan ranting-ranting yang ada di atas terlihat sangat jelas sekali jika dilihat dari air di danau ini.

Danau Labunan Cermin di Kalimantan Timur


Akses jalan menuju danau Labunan memang masih sulit sekaligus membutuhkan waktu yang lama. Untuk dapat sampai ke danau ini cari mobil sewa ke biduk-biduk. Perjalanan menggunakan mobil sewa kurang lebih 5-6 jam sedangkan kalau menggunakan travel bisa mencapai 7 jam. Karena ruas jalanan yang masih rusak jika sopir melaju dengan kecepatan tinggi membuat kita akan terpelanting sana planting sini. Tetapi jika sudah sampai di Danau Labunan maka lelah anda akan terbayarkan dengan melihat panorama yang ada disana. Saya sarankan jika kesana sebaiknya mencari waktu terbaik yaitu pagi atau sore hari. karena pada waktu-waktu itu matahari akan menampakkan diri dan akan terlihat sangat indah jika dilihat melalui danau akan memantul cahayanya.

Danau Labunan Cermin di Kalimantan Timur

Tak sedikit yang mengira kalau foto yang menggunakan background Danau Labunan Cermin adalah editan. Padahal jika melihat faktanya memang Danau ini terkenal sangat indah menakjubkan dan jernih airnya. Dengan perpaduan dua warna antara hijau toska dan kebiru-biruan.
Saat berada di Danau Labunan Cermin para pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang, snorkeling, meyelam dan disana juga menyewakan sebuah perahu untuk digunakan berkeliling mengelilingi danau. Untuk menyewa perahu pengunjung akan di kenai biaya tarif sebesar  200.000

Danau Labunan Cermin di Kalimantan Timur

Air di danau Labunan Cermin memiliki dua rasa. Jika kita berada di bagian atas permukaan danau airnya akan terasa tawar,namun jika kita menyelam ke  bawah permukaan danau maka airnya akan terasa asin. Oleh sebab itu Danau ini memiliki julukan Danau Dua Rasa. Selain itu kita bisa melhat dengan sangat jelas satwa-satwa yang muncul ke permukaan air seperti contohnya penyu, dll. Karena danau ini memiliki dua rasa, jika kita menyelam ke bawah permukaan menggunakan kacamata snorkeling akan dengan mudah membedakan mana ikan jenis air tawar dan mana ikan jenis air laut.

Danau Labunan Cermin di Kalimantan Timur

Arus di Danau sangat tenang, meskipun begitu jika ingin berenang harus tetap berhati-hati ya. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 4-5 meter. Disana juga menyewakan peralatan untuk berenang. Bagi pengunjung yang belum mahir untuk berenang ataupun yang lupa membawa peralatan dari rumah bisa menyewa disana.

Danau Labunan Cermin di Kalimantan Timur

Jika anda akan berlibur kesana, saya sarankan beri waktu lebih lama karena sangat disayangkan kalau disana hanya sebentar. Tempatnya sangat cocok untuk bersantai, bagi yang hobby berfoto tempat ini juga sangat  pas karena memiliki spot foto yang sangat keren. Dengan di kelilingi pemandangan yang sangat cantik, bahkan ranting-ranting dan dasar danau pun terlihat dengan jelas.

Di sekitar danau juga terdapat beragam penginapan mulai harga 100rb-300rb permalamnya tergantung kualitas dan fasilitas penginapan.

Bagaimana anda tertarik berkunjung di  Danau Labunan Cermin ? Semoga arikel tadi dapat bermanfaat atau bisa menjadi refrensi berlibur anda.

0 komentar