15 Tempat Wisata Terkenal di Belanda

Salah satu Negara di Eropa yang cukup unik yaitu Belanda atau biasa disebut Nederland. Negara Belanda merupakan Negara yang berpermukaan rendah. Oleh sebab itu disebut Nederland dalam bahasa Belanda disebut negeri-negeri berdaratan rendah. Dibilang unik dikarenakan Negara ini sekitar 20% populasinya hidup di bawah permukaan laut, dan 50% wilayah tanahnya ketinggiannya tidak lebih dari 1 meter dari permukaan laut. Di khawatirkan kalau air laut lagi pasang ya, bisa kelep deh Negara yang mungil seperti Belanda ini.

Negara Belanda menjadi salasatu Negara yang menjadi idaman bagi wiasatawan mancanegra termasuk juga Indonesia. Karena di Negara kecil ini memiliki tempat wisata yang sangat keren. Apa saja wisatanya, mari kita simak berikut.

1.       Kanal Amsterdam

Kanal Amsterdam


Kurang lengkap rasanya kalau ke Belanda jika belum mampir ke wisata yang satu ini. Disana terdapat sebuah sungai aliran sungai yang dikenal dengan sebutan Kanal Amsterdam. Berlokasi di kota Amsterdam.  Dibangun khusus untuk pengairan ke daerah-daerah pertanian yang ada di Amsterdam.

Memiliki panjang sungai sekitar 100 km dan oleh UNESCO ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Selain itu sungai kanal ini biasanya digunakan untuk shooting film Box Office.

Bagi touris atau wisatawan yang ingin mengelilingi kota Amsterdam bisa menyewa kapal untuk berkeliling kota melalui sungai kanal ini. Tempat wisata yang satu ini cukup populer lho di kalangan wisatawan.

2.       Wahana Efteling

Wahana efteling

Tempat wisata efteling merupakan wahana bermain yang terletak di Kaatsheuvel Belanda dengan tema fantasi.

Wisatawan disana akan di suguhi berbagai atraksi menantang. Diresmikan sejak 1952 ini berevolusi dari taman bermain dengan taman alam dan hutan dongeng menjadi taman hiburan berukuran penuh. Bangunan arsitektur dan desainnya dibangun sangat menawan serta dipadukan dengan kebun bungan dan taman hijau.
Menjadi tempat favorit karena banyak dikunjungi oleh wisawatan asing

3.       Desa Kinderdijk

Desa Kinderjijk

Desa kinderdijk merupakan desa wisata yang letaknya di Provinsi Belanda Selatan, tepatnya daerah alblasserwaard. Sebuah desa yang memiliki daya tarik berupa kincir angin tradisional dengan ukuran raksasa. Jumlah kincir anginnya sangat banyak di desa ini. Oleh sebab itu desa ini di juluki sebagai desa dengan 1000 kincir.

Awal mulanya desa kinderdijk ini posisinya terletak di dataran rendah, di bawah permukaan laut. Sehingga sering sekali desa ini mengalami banjir. Akhirnya untuk mengatasi masalah banjir tersebut, pemerintah membuat rangkaian pompa yang di gerakkan menggunakan energi kincir angin dan listrik.

Didirikan sejak tahun 1740-an namun sampai saat ini kincir angin tersebut tetap berfungsi dengan baik. Merupakan sebuah desa yang terbuka sehingga para wisatawan bisa bebas kapan saja jika ingin mengunjungi desa ini tanpa dipungut biaya sama sekali.

Nantinya, disana juga terdapat sebuah museum yang didirikan khusus sebagai tempat menampilkan proses dokumentasi kincir angin di desa ini. Saya sarankan jika ingin mengunjungi desa ini pada musim panas (sekitaran bulan juli) karena nantinya anda bisa melihat langsung proses pompa air tenaga kincir angin ini bekerja.

4.       Taman Bunga Keukenhof

Taman bunga Keukenhof

Bagi para pecinta bunga, saya beri refrensi tempat wisata yang menyuguhkan koleksi bunga yang sangat banyak. Taman bunga keukenhof merupakan taman bunga yang terindah di dunia. Lokasinya berada di Stationsweg 166A, 2161 AM Lisse, Belanda. Dengan koleksi bunganya yang sangat banyak. Dengan ciri khas bunganya yaitu bunga tulip yang terbaik di dunia.

Selain itu, para wisatawan bisa menemui beberapa koleksi bunga yang lain  seperti: Lavernder, sakura, anggrek, mawar, dll. Taman ini luasnya mencapai 32 hektar, terbagi menjadi 4 wilayah:
·       Wilayah Historical Garden dipenuhi dengan bunga-bunga koleksi jaman dahulu
·      Wilayah Japanese Garden dominasi dengan bunga sakura
·      Wilayah English Landscape Garden memiliki cirri kas yaitu jalan setapak yang di hiasi dengan taman bunga

·         Wilayah Nature Garden isinya adalah pepohonan tinggi, bunga tulip, bunga krisan, dll.
Bukan hanya bunga saja, taman ini juga memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Diantaranya ada restoran, pavilium sampai dengan penjual cendera mata. Di taman bunga ini semuanya isa ditemukan dengan mudah. Bagaimana? Apakah anda tertarik mengunjunginya?

5.       Taman Vondelpark

Taman Vondelpark

Merupakan sebuah taman kuno yang letaknya di bagian selatan kota Amsterdam. Salah satu taman terbaik yang bisa di kunjungi untuk bersantai di musim panas. Dengan luas taman sekitar 47 hektar, disana anda akan menemukan berbagai macam pertunjukan seni yang sangat menarik.

Di taman vondelpark suasananya tergolong cukup asri. Biasanya para wisatawan yang bersantai disana membawa bekal  dan tempat duduk sendiri dari rumah. Fasilitas disana cukup lengkap, tersedia mulai toilet, restoran, sampai playground untuk anak-anak, semua bisa di nikmati disana.
Khusus untuk para pecinta seni, di sekitar taman banyak di temui karya seni buatan seniman ternama yaitu Pablo Picasso.

6.       Natura Artis Magistra

Natura Artis Magistra

Negara belanda memiliki sebuah kebun binatang dengan koleksi hewan yang jumlahnya tak kalah banyak. Natura Artis Magistra lokasinya bejarak tidak terlalu jauh dari pusat kota Amsterdam. Disana anda bisa melihat berbagai jenis spesies hewan khas daerah sub tropis yang sudah cukup langka. Selain itu disana juga tersedia sebuah akuarium raksasa yang dipenuhi dengan berbagai hewan laut yang sangat menarik.

Karena lokasinyan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Amsterdam, membuat taman ini tidak pernah sepi pengunjung.

7.       Taman Safari beekse Bergen

Taman Safari Beekse Bergen

Sebuah taman yang berlokasi di hilvarenbeek dengan banyak koleksi hewan langka yang sudah hampir punah. Beberapa hewan yang di lihat disini mungkin tidak tersedia di taman safari yang lain. Karena lokasinya yang memang tidak begitu luas, bukan berarti taman ini sepi dan tidak menarik ya. 

Taman ini memiliki keunggulan yaitu koleksi hewannya yang tergolong cukup lengkap.
Di taman safari ini juga menyediaka beberapa fasilitas seperti parkir, toilet dan tempat makan semuanya tersedia di taman ini.  

8.       Rijksmuseum

Rijkmuseum

Di Negara Belanda selain kaya akan wisata alamnya juga kaya akan wisata sejarah berbentuk museum dan bangunan kuno, contohnya Rijksmuseum. Sebuah museum yang memiliki koleksi benda sejarah yang bernilai jutaan euro, dan didirikan dengan gaya arsitektur bangunan khas eropa kuno. 

Padahal gedung ini menggunakan piranti teknologi keamanan yang benar-benar canggih. Jika dibandingkan gaya arsitektur yang masih menggunakan bangunan kuno sangat tidak sebanding dengan teknologi keamanan yang sudah sangat canggih.

Menurut informasi yang beredar, teknologi keamanan yang digunakan di gedung ini merupakan yang tercanggih di dunia. Bagaimana? Anda tertarik? Museum ini letaknya berada tepat di tengah kota Amsterdam.

9.       De Gooyer Windmill

De Gooyer windmill

De Gooyer windmill merupkan sebuah kincir angin yang tertinggi di Negara belnda. Sudah ada sejak sekitar tahun 1600-an dan masih berdiri kokoh sampai saat ini. Kincir angin modern biasanya digunakan dari bahan utama yaitu berupa logam, sedangkan kincir angin De Gooyer windmill dibangun menggunakan material utama yaitu berupa kayu. Itu sebabnya kincir angin ini menjadi sangat menarik bagi wisatawan yang berlibur ke Belanda.

Menurut informasi, awalnya kincir angin ini namanya The Funen Molen dan diganti oleh pemerintah setempat menjadi De gooyer Windmill. Didirikan pada abad ke 16. Namun saat ini kincir angin ini tidak dibuka untuk umum, bagi yang ingin berkunjung hanya diperbolehkan melihat bentuk fisiknya dari luar saja.

10.   Leiden

Leiden

Merupakan sebuah kota favorit ke dua di Negara Belanda yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu juga menjadi sebuah kota tempat berdirinya Universitas tertua di Belanda.
Secara geografis kota ini memiliki bentuk yang mirip dengan kota Amsterdam, mulai dari bentuk gedung, sampai keberadaan kanal air yang berukuran besar, semuanya terlihat sangat mirip dengan kota Amsterdam.

Hanya saja untuk destinasi wisata dan fasilitas kota ini masih kalah dibanding dengan kota Amsterdam. Selain itu urusan biaya dan harga-harga cenderung lebih murah.

11.   Frisian Island

Frisian Island

Mayoritas wisatawan mungkin sudah pada tau ya kalau Negara Belanda letaknya di pinggir laut dan sebagian wilayahnya didapatkan dengan cara membendung laut.

Negara agraris ini ternayat memiliki sebuah obyek wisata pantai. Pantai yang popular dan terbesar di Belanda adalah Pantai Frisian Island. Untuk bisa sampai ke pantai, wisatawan hanya perlu berjalan kaki saat air sedang kondisi surut. Di pantai anda bisa bermain volley, berjemur, bermain pasir, dan melakukan aktifitas lainnya di pantai.

Saya sarankan jika ingin berlibur ke pantai Frisian island pada musim panas ya, karena pada musim-musim lainnya sangat tidak ramah bagi wisatawan.

12.   De Dam

De Dam

Sebuah tempat yang mirip dengan alun-alun yang lokasinya berada di tengah kota. Cocok untuk anda yang suka hang out, obyek wisata kali ini tidak boleh anda lewatkan. Di tempat ini anda nantinya akan menemukan berbagai macam tempat hang out khas masyarakat eropa seperti: bar, café, diskotik, dll.

Bukan hanya menawarkan berbagai tempat nongkrong, temapt wisata yang dikenal dengan nama lain Leidse Square juga menawarkan pemandangan yang unik berupa kawanan burung merpati.
Tersedia juga beberapa restoran yang menyediakan berbagai macam olahan kuliner khas Belanda dengan harga yang cukup terjangkau. 

13.   Begijnhof

Begijnhof

Sebuah lapangan yang letaknya di pusat kota Amsterdam. Di sekeliling lapangan terdapat bangunan rumah penduduk yang didirikan menggunakan gaya khas Belanda klasik.

Di tempat ini anda bisa bersantai sembari bercengkrama dengan warga sekitar. Sangat pas juga untuk yang suka berfoto karena biasanya tempat ini dijadikan untuk hunting foto

14.   Royal Palace Of Amsterdam

Royal Palace Of Amsterdam

Royal Palace of Amsterdam merupakan sebuah istana kerajaan yang sudah tidak digunakan lagi. Terletak di bagian barat Dam Square dan berdiri sejak abad ke 17 masehi.

Dulu istana ini digunakan sebagai City Hall. Selain itu pada masa kepemimpinan Raja Louis Napoelon, istana ini dijadikan sebagai istana utama Kerajaan Belanda.

Dibangun dengan gaya arsitektur khas Eropa Klasik. Bangunan ini juga memiliki ciri khas utama yaitu kubah dan baling-baling yang letaknya di bagian atas gedung.

15.   Oosterpark

Oosterpark

Taman yang didirikan pada tahun 1891 letaknya di sebelah timur Amsterdam. Merupakan sebuah taman tertua yang ada di Amsterdam. Memiliki lapangan yang luas, sebuah pulau kecil di bagian tengahnya, dan juga sebuah kolam.

Dengan daya tarik utamanya yaitu berupa sarang burung grey heron dan monumen perbudakan nasional.

Menurut informasi, monumen perbudakan didirikan pada tahun 1863 untuk mengenang momen dihapuskannya perbudakan di Negara belanda.
Dibuka setiap hari, moment yang baik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada musim panas atau musim semi.

Nah itu tadi beberapa tempat wisata terkenal di Belanda. Bisa kalian jadikan sebagai refrensi jka ingin berlibur ke luar negeri. Sekian artikel ini semoga bermanfaat, terima kasih

0 komentar